5 Wasiat KHR. As'ad Syamsul Arifin Untuk Para Santri dan Alumni Ponpes Sukorejo

loading...
Berikut informasi tentang '5 Wasiat KHR. As'ad Syamsul Arifin Untuk Para Santri dan Alumni Ponpes Sukorejo', semoga bermanfaat bagi para pembaca khususnya para santri mapun alumni Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo.

KHR. As'ad Syamsul Arifin lahir pada tahun 1897 di Mekah ketika orang tuanya menunaikan ibadah haji.

Beliau pernah belajar di Pondok Tebuireng pimpinan K.H. Hasyim Asyari, PP Demangan Bangkalan asuhan KH. Syaikhona Cholil, PP Panji, Buduran, PP Tetango Sampang, PP Sidogiri Pasuruan, belajar di Mekkah selama 3 tahun berguru pada Sayyid Muhammad Amin Al-Qutby, Syekh Hasan Al-Massad, Sayyid Hasan Al-Yamani dan Syekh Abbas Al-Maliki, serta beberapa ulama besar lainnya.

Pada tahun 1328 H / 1908 M, Kiai Syamsul Arifin atas saran Habib Hasan Musawa dan Kiai Asadullah dibantu putranya, As’ad dan beberapa orang santri yang menyertai dari Madura, membabat dan merambah hutan tersebut untuk didirikan sebuah pesantren dan perkampungan.

Upaya keras Kiai Syamsul Arifin akhirnya terwujud. Berdirilah sebuah pesantren kecil yang hanya terdiri dari beberapa gubuk untuk difungsikan rumah, musalla dan asrama santri yang waktu itu hanya beberapa orang.

Sejak tahun 1914, pesantren kecil itu berkembang bersamaan dengan datangnya para santri dari wilayah sekitar Karesidenan Besuki. Tahun itu pula kemudian dijadikan tahun berdirinya Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah. Setiap perayaan ulang tahun selalu dirujuk pada tahun itu.

Berkut ini adalah wasiat dari KHR. As'ad Syamsul Arifin untuk para santri maupun alumni Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'yah Sukorejo Situbondo.



5 Wasiat KHR. As'ad Syamsul Arifin :
  1. Santri Sukorejo yang keluar dari NU, jangan berharap berkumpul dengan saya di akhirat.
  2. Santri saya yang pendiriannya tidak dengan saya, saya tidak bertanggung jawab di hadirat Allah SWT.
  3. Santri saya yang pulang atau berhenti harus ikut mengurusi dan memikirkan paling tidak salah satu dari tiga hal dibawah ini:
    - Pendidikan Islam
    - Dakwah melalui NU
    - Ekonomi Masyarakat
    "Biar alim, biar kaya tapi tidak ikut salah satu tersebut, saya ingin tahu kesempurnaan hidupnya, sebaliknya biar bodoh, biar miskin, tapi ikut mengurusi aau cawe-cawe paling tidak salah satunya dengan ikhlas, rasakan sendiri kesempurnaan hidupnya".
  4. Istiqamah baca Ratibul Haddad.
  5. Santri saya sebenarnya umum, anak siapa saja, dalam keadaan bagaimana
    saja, pasti selamat dan jaya asal jujur, giat dan ikhlas.
Sumber referensi: http://www.muslimedianews.com/2013/12/inilah-5-wasiat-khr-asad-syamsul-arifin.html

Semoga informasi tentang '5 Wasiat KHR. As'ad Syamsul Arifin Untuk Para Santri dan Alumni Ponpes Sukorejo' diatas bermanfaat bagi kita semua. Dan jangan lupa simak juga informasi menarik kami lainnya seputar Ponpes Sukorejo disini: http://detilinfo.blogspot.com

loading...
5 Wasiat KHR. As'ad Syamsul Arifin Untuk Para Santri dan Alumni Ponpes Sukorejo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Tidak ada komentar:

Posting Komentar