500 Sekolah untuk Melaksanakan Full Day School

loading...
Ide Full Day School (sekolah sehari penuh) yang dilontarkan oleh Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menuai pro kontra yang tidak habisnya dibicarakan. Berikut adalah informasi mengenai "500 Sekolah untuk Melaksanakan Full Day School".

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, mengatakan saat ini pihak kementerian telah memilih 500 sekolah untuk percontohan program full day school (sekolah sehari penuh).

Dipilihnya sekolah tersebut karena dinilai sudah siap. “Saat ini sudah ada 500 sekolah yang akan menjadi percontohan penerapan program full day school.

Saat ini masih dalam tahap persiapannya,” kata Muhadjir Effendy, usai menjadi pembicara seminar yang digelar, di Padang, Sabtu (24/9).

Jumlah 500 sekolah itu, tambah Mendikbud, berasal dari berbagai jenjang sekolah. Mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), dan Sekolah Lanjutan Tingkat (SLTA).

Sekolah sekolah yang akan menjadi percontohan tersebut adalah sekolah di Jakarta. Selain 500 sekolah itu, lanjut Mendikbud, juga terdapat sekolah lain yang berinisiatif mengajukan diri untuk ikut menerapkan full day school dengan dukungan pemerintahan kabupaten/kota.

Semoga penerapan program tersebut dapat berjalan dengan baik, dan apa tujuan yang terkandung di dalamnya bisa tercapai.

Kegiatan Ekstrakurikuler

Mendikbud menjelaskan full day school bukan berarti peserta didik belajar seharian di sekolah.

Namun sistem yang memastikan bahwa peserta didik bisa mengikuti kegiatankegiatan penanaman pendidikan karakter, salah satunya kegiatan ekstrakurikuler.

Mengingat pendidikan karakter adalah prioritas utama dalam tujuan pendidikan oleh pemerintah saat ini. Merujuk pada visi Presiden Joko Widodo, yaitu melakukan revolusi mental.

“Jadi melalui full day school, setelah belajar setengah hari peserta didik tidak langsung pulang ke rumah, namun dapat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang menyenangkan, dan membentuk karakter, kepribadian, serta mengembangkan potensi,” jelasnya.

Dalam perwujudan pendidikan karakter itu, kata Muhadjir, pihak kementerian juga telah memberikan acuan bahwa dalam kegiatan pembelajaran di tiap-tiap sekolah, sebagian besar porsinya harus diisi dengan pendidikan karakter.

Untuk tingkatan SD pendidikan karakter ditentukan sebesar 70 persen, SLTP sebesar 60 persen, dan SLTA sebesar 30 persen yang difokuskan pada pendidikan karakter untuk memasuki dunia kerja.

Mendikbud memaparkan ada empat poin yang menjadi inti dalam pendidikan karakter, yaitu keagamaan, personal peserta didik, sosial, dan nasionalisme.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menegaskan penerapan full day school akan dicoba di beberapa provinsi dan untuk sekolah-sekolah yang memang sudah siap.

Pemerintah tidak akan memaksakan program full day school diterapkan secara nasional. Full day school ini, kata Jokowi, bertujuan meningkatkan etika dan nilai sopan santun pada siswa-siswi SD dan SMP.

“Kita ingin benar-benar etika, sopan santun, betul diterapkan di dalam ektrakurikuler maupun dalam kurikulumnya sendiri,” kata Presiden.

Saat berbicara dalam peringatan 90 Tahun Pondok Gontor, Presiden mengeluhkan mulai hilangnya identitas, karakter, dan nilai-nilai ke-Indonesian, seperti sopan santun, optimisme, kerja keras, saling menghormati serta nilai-nilai Islami.

“Kalau kita lihat di media sosial, twitter, instagram, komentar-komentar di media online, saling menghujat, merendahkan orang lain, saling mengolok.

Apakah itu nilai Islami Indonesia,” kata Jokowi. Presiden meminta nilainilai itulah yang harus menjadi perhatian khusus semua pihak, utamanya dari kyai dari Pondok Gontor.

Jokowi mengungkapkan sikap saling menjelekkan, mencela, merendahkan, menghina, mengolok tidak terlihat pada 40-50 tahun lalu.

Sumber : Nasional

Demikan informasi mengenai "500 Sekolah untuk Melaksanakan Full Day School". Jangan lupa LIKE/Follow media sosial kami untuk informasi terbaru seputar Info guru dan Pendidikan lainnya. Kunjungi : http://detilinfo.blogspot.com

loading...
500 Sekolah untuk Melaksanakan Full Day School Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Tidak ada komentar:

Posting Komentar